Saturday, January 16, 2010

FACT OF THE DAY (16 Januari 2010)
Tahukah Anda…?

Kalau diturunkan menghadapi Burnley di Old Trafford, Sabtu (16/1), Edwin van der Sar akan menjadi pemain tertua yang pernah diturunkan Manchester United paska-perang dunia kedua.
Kiper utama MU ini sempat absen beberapa pekan karena mengalami cedera. Setelah pulih pada bulan Desember lalu, ia tidak bisa langsung bermain karena harus mendampingi istrinya, Annemarie, yang sedang sakit dan harus menjalani perawatan intensif.
Selama ia cedera, posisi kiper utama bergantian ditempati Ben Foster dan Thomas Kuszsczak. Mulai pekan ini, Van der Sar sudah kembali dari Belanda dan mulai berlatih dengan rekan-rekan setimnya.
Sir Alex Ferguson kemungkinan akan langsung menurunkan van der Sar dalam pertandingan melawan Burnely. Performa kiper senior asal Belanda itu dianggap lebih meyakinkan dibandingkan Foster maupun Kuszczak.
Kalau dimainkan, maka Van der Sar akan membuat rekor baru, yaitu pemain tertua yang pernah diturunkan MU, setelah perang dunia kedua. Hari Sabtu (16/1) ini, Van der Sar berusia 39 tahun 29 hari.

Ia akan memecahkan rekor pemain tertua sebelumnya, yaitu Raimond van der Gouw, yang juga berposisi sebagai penjaga gawang dan berasal dari Belanda.
Saat dimainkan menghadapi Charlton Athletic pada Mei 2002, pekan terakhir musim 2001/02, Van der Gouw berusia 39 tahun 48 hari. Kalaupun baru diturunkan pada pekan depan, Van der Sar akan tetap memecahkan rekor Van der Gouw.
Van der Sar akan menjadi pemain tertua kedua yang pernah dimainkan MU, urutan pertama masih dipegang Billy Meredith. Rekor Meredith rasanya akan sulit buat dipecahkan. Meskipun berposisi sebagai penyerang, Meredith terakhir bermain untuk MU saat berusia 46 tahun 281 hari, pada Mei 1921. Sebuah rekor yang hampir mustahil buat dipecahkan di era sepakbola modern seperti sekarang ini.

No comments:

Post a Comment